Respons Cepat PGN–Pertamina: Logistik Dapur Umum dan Filter Air Bersih untuk Warga Terdampak Bencana

Petugas PGN dan Pertamina Peduli melakukan instalasi serta pengecekan filter air bersih darurat di kawasan RU Pangkalan Brandan, Langkat, untuk memenuhi kebutuhan air layak konsumsi bagi masyarakat terdampak bencana.

GIMIC.ID, LANGKAT — PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai Subholding Gas Pertamina bersama Pertamina Peduli terus memperkuat dukungan terhadap penanganan bencana di wilayah Sumatera. Melalui penyediaan logistik dapur umum dan pembangunan instalasi penyaringan air bersih, bantuan difokuskan untuk masyarakat terdampak yang berada di kawasan kilang minyak Refinery Unit (RU) Pertamina Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

General Manager PGN Regional Sumatera, Andi Sangga, mengatakan kebutuhan makanan siap saji menjadi prioritas utama di posko darurat.
Hari ini kami mendukung Posko Pertamina Peduli di RU P. Brandan melalui dukungan logistik dapur umum. Dalam situasi bencana, makanan siap saji menjadi sumber energi bagi masyarakat untuk pulih. Karena itu, kami berusaha memenuhi kebutuhan tersebut secepat mungkin,” ujar Andi.

Sementara itu, Raden Cepih Herdanu Nugraha, Senior Supervisor RU II Area Pangkalan Brandan, memastikan operasional dapur umum berlangsung setiap hari agar masyarakat memiliki akses yang konsisten terhadap makanan bergizi dan aman.
Pengelolaan posko dilakukan oleh tim gabungan Pertamina Group, relawan, dan unsur masyarakat setempat. Dapur umum ditargetkan mampu menyiapkan hingga 2.000 porsi makanan per hari. Semua proses memasak dilakukan terpusat demi menjaga standar kebersihan dan mempercepat distribusi,” jelasnya.

Selain dukungan pangan, PGN juga membangun instalasi filter air darurat untuk memenuhi kebutuhan air bersih para pengungsi. Langkah ini dilakukan karena Water Treatment Plant RU II Area Pangkalan Brandan masih dalam perbaikan setelah mesin terendam banjir.

Selama masa darurat, masyarakat setempat bergantung pada pasokan air bersih dari fasilitas RU Brandan melalui tangki Damkar, yang kini semakin terbatas akibat tingginya kebutuhan pasca bencana.

Instalasi air bersih darurat yang dibangun PGN menggunakan kombinasi teknologi penyaringan modern, meliputi:

  • Sediment filter
  • Carbon filter
  • Water softener
  • Reverse osmosis (RO)
  • Booster pump untuk menjaga tekanan dan efektivitas proses

Dengan sistem tersebut, air dapat langsung digunakan untuk memasak, minum, serta kebutuhan dasar pengungsi dan relawan.
Instalasi sudah berjalan dan terus kami monitor untuk memastikan pasokan dan keandalan mesin. Kami berharap warga sekitar Brandan dapat mengambil air bersih di titik ini selama masa darurat,” kata Krisdyan Widagdo Adhi, Division Head CSR PGN.

PGN menegaskan bahwa dukungan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam memastikan kebutuhan mendasar masyarakat terdampak bencana dapat terpenuhi.

Kami memastikan dukungan yang diberikan mampu menjangkau kebutuhan dasar masyarakat, mulai dari makanan siap saji hingga suplai air bersih,” terang Krisdyan.

Ia menambahkan bahwa PGN akan terus berkoordinasi dengan Pertamina Group, pemerintah daerah, dan elemen masyarakat untuk menyesuaikan bantuan sesuai kondisi lapangan. PGN juga berharap kolaborasi berbagai pihak dapat mempercepat pemulihan dan menghadirkan kembali rasa aman bagi warga Sumatera yang terdampak bencana.

breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Gimic.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUj0IA0LKZLdsktWS3G. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.Gimic.id

(G-H2)

Komentar

Loading...