Pelindo Regional 1 Gelar Drill BCMS untuk Pastikan Layanan Tetap Optimal di Situasi Darurat

Para peserta Drill Bersama Business Continuity Management System (BCMS) berfoto bersama di depan gerbang PT Pelindo Cabang Belawan, Medan, Selasa (12/8/2025).

GIMIC.ID, MEDAN – PT Pelindo Regional 1 terus memperkuat ketahanan bisnis dan menjaga kelancaran layanan pelabuhan melalui kegiatan Drill Bersama Business Continuity Management System (BCMS) bertema “Pelayanan Operasi Manual Akibat Gangguan Sistem”. Kegiatan yang berlangsung di Grha Pelindo, Medan, pada Selasa (12/8) ini dilaksanakan berkolaborasi dengan PT Pelindo Multi Terminal (SPMT).

Latihan ini bertujuan memastikan operasional tetap berjalan lancar meskipun terjadi gangguan pada sistem, terutama yang berpotensi menghambat pelayanan pelabuhan. Seluruh pekerja yang terlibat dalam operasional pelabuhan mengikuti simulasi penanganan gangguan pada sistem aplikasi PTOS-M (Pelindo Terminal Operating System Multipurpose), yang digunakan untuk pelayanan digital di terminal multipurpose.

Kegiatan dimulai dengan table top exercise di dalam ruangan melalui role play skenario sistem down—mulai dari tahap pelaporan, pengajuan permohonan operasi, hingga penetapan layanan operasi nonpetikemas. Latihan kemudian dilanjutkan dengan simulasi lapangan di gate Pelabuhan Belawan, yang diperankan oleh para pekerja sesuai peran dan tugas masing-masing.

Executive Director 1 Pelindo Regional 1, Jonedi Ramli, menjelaskan bahwa drill ini tidak hanya menguji kesiapan personel, tetapi juga memberikan pemahaman praktis dalam menjalankan tugas secara cepat dan efektif pada situasi darurat.

“Kegiatan Drill Bersama dengan melibatkan Pelindo Multi Terminal membantu mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki serta meningkatkan koordinasi antarunit kerja. Dengan kolaborasi dan konsistensi seluruh tim, prosedur pelayanan di semua level organisasi dapat tetap optimal meskipun dalam kondisi darurat,” ujar Jonedi.

Pelindo menegaskan bahwa latihan BCMS yang dilakukan secara berkesinambungan menjadi bagian dari strategi perusahaan untuk menghadapi berbagai tantangan operasional. Langkah ini diharapkan mampu menjaga kelancaran layanan dan memberikan kepastian bagi seluruh pengguna jasa pelabuhan, kapan pun dan dalam kondisi apa pun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Gimic.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUj0IA0LKZLdsktWS3G. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.Gimic.id

(G-H2)

Komentar

Loading...