KAI Bandara Siap Layani Lonjakan Penumpang Selama Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026
Direktur Utama PT Railink Porwanto Handry Nugroho saat menyampaikan kesiapan KAI Bandara melayani Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 di Stasiun Medan.
GIMIC.ID, MEDAN — PT Railink (KAI Bandara) menyatakan kesiapan penuh dalam melayani penumpang selama Masa Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru) yang berlangsung mulai 18 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026. Kesiapan tersebut disampaikan dalam kegiatan doorstop media yang digelar di Stasiun Medan, Senin (22/12).
Direktur Utama PT Railink, Porwanto Handry Nugroho, menegaskan komitmen KAI Bandara dalam menghadirkan layanan transportasi yang aman, nyaman, dan andal bagi masyarakat yang melakukan perjalanan selama libur akhir tahun. Hal ini sejalan dengan semangat pelayanan perusahaan, yakni “Melayani dengan Hati”.
“KAI Bandara telah melakukan berbagai langkah kesiapan, mulai dari aspek keselamatan, pelayanan, hingga kenyamanan penumpang. Kami ingin memastikan seluruh perjalanan selama masa Nataru berjalan lancar dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan,” ujar Porwanto.
Sebagai bagian dari persiapan keselamatan operasional, KAI Bandara bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), Kementerian Perhubungan, telah melaksanakan ramp check pada awal Desember 2025. Selain itu, KAI Bandara menambah sebanyak 8 petugas Customer Services Mobile yang ditempatkan di Stasiun Medan, Stasiun Binjai, dan Stasiun Kualanamu untuk membantu kebutuhan informasi serta pelayanan penumpang.
Selama masa Angkutan Nataru, operasional KA Bandara di wilayah Sumatera Utara meliputi 24 perjalanan KA Srilelawangsa relasi Medan–Kualanamu (PP), 17 perjalanan relasi Medan–Binjai (PP), serta 3 perjalanan relasi Medan–Kuala Bingai. Secara keseluruhan, total perjalanan selama masa posko Nataru di wilayah Medan mencapai 792 perjalanan, dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 277.632 kursi, atau rata-rata 15.424 penumpang per hari.
Sementara itu, VP Sekretaris Perusahaan PT Railink, Supriyanto, menyampaikan bahwa KAI Bandara juga menghadirkan beragam program untuk meningkatkan kenyamanan sekaligus menghadirkan suasana libur akhir tahun di area stasiun.
“Kami menghadirkan dekorasi tematik Natal, joyful entertainment pada 19–31 Desember, live music pada 25–26 Desember, serta program Christmas Care berupa cek kesehatan gratis, kegiatan donor darah, dan pembagian healthy kit gratis yang bekerja sama dengan mitra strategis,” jelas Supriyanto.
Berdasarkan proyeksi perusahaan, volume penumpang KAI Bandara selama libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 diperkirakan mencapai 242 ribu penumpang, meningkat 0,88 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 240 ribu penumpang. Puncak volume penumpang diprediksi terjadi pada 1 Januari 2026, dengan jumlah penumpang mencapai sekitar 15 ribu orang.
Untuk kemudahan akses layanan, tiket KA Bandara dapat dibeli melalui Aplikasi KA Bandara, Aplikasi Access by KAI, website resmi www.railink.co.id, serta vending machine yang tersedia di stasiun keberangkatan. Adapun jadwal keberangkatan paling awal dari Stasiun Medan menuju Kualanamu dimulai pukul 05.20 WIB, sementara keberangkatan terakhir dari Kualanamu menuju Medan tersedia hingga pukul 21.10 WIB.
KAI Bandara juga mengimbau para penumpang agar selalu menjaga barang bawaan selama perjalanan. Apabila terdapat barang yang tertinggal atau ditemukan oleh petugas, perusahaan telah menyiapkan layanan lost and found. Selain itu, penumpang diharapkan datang lebih awal ke bandara, yakni 3 jam sebelum penerbangan internasional dan 2 jam sebelum penerbangan domestik.
“Dengan berbagai kesiapan ini, kami berharap KAI Bandara dapat menjadi pilihan transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu bagi masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru,” tutup Porwanto.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Gimic.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUj0IA0LKZLdsktWS3G. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.Gimic.id
(G-H2)