KAI Divre I Sumut Layani 2,38 Juta Penumpang Sepanjang Januari–November 2025
:“Suasana ruang tunggu Stasiun Medan dipadati calon penumpang kereta api menjelang keberangkatan. KAI Divre I Sumut mencatat pertumbuhan jumlah pengguna layanan mencapai 2,38 juta penumpang sepanjang Januari–November 2025.”
GIMIC.ID, MEDAN — PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara (KAI Divre I Sumut) mencatat peningkatan signifikan jumlah pengguna jasa kereta api sepanjang periode Januari hingga November 2025. Total 2.383.630 pelanggan telah menggunakan layanan kereta api, tumbuh 8 persen dibanding periode yang sama pada 2024 yang mencapai 2.202.214 penumpang.
Manager Humas KAI Divre I Sumut, M. As'ad Habibuddin, mengatakan pertumbuhan ini dipengaruhi oleh berbagai upaya strategis, mulai dari penambahan frekuensi perjalanan, optimalisasi kapasitas tempat duduk, hingga penyediaan promo tarif secara berkala.
“Pertumbuhan ini menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api terus meningkat. Kini masyarakat semakin sadar bahwa kereta api merupakan moda transportasi publik yang efisien, aman, dan ramah lingkungan,” ujar As’ad.
Ia juga menyampaikan apresiasi kepada para pelanggan atas loyalitas dan kepercayaan yang terus meningkat, serta menegaskan komitmen perusahaan dalam menghadirkan layanan terbaik.
“Kami akan terus mengutamakan pelayanan prima, keselamatan tinggi, dan kenyamanan perjalanan maksimal,” tambahnya.
Dari sisi okupansi, KA Putri Deli relasi Medan–Tanjung Balai PP menjadi yang paling diminati dengan total 1.172.638 penumpang. Disusul oleh:
- KA Sribilah Utama (Medan–Rantau Prapat PP): 679.172 penumpang
- KA Siantar Ekspres (Medan–Siantar PP): 450.869 penumpang
- KA Datuk Belambangan (Tebing Tinggi–Lalang PP): 80.951 penumpang
Keberangkatan tertinggi:
- Stasiun Medan – 858.999 penumpang
- Stasiun Kisaran – 265.953 penumpang
- Stasiun Tanjung Balai – 226.721 penumpang
- Stasiun Rantau Prapat – 207.805 penumpang
- Stasiun Tebing Tinggi – 169.408 penumpang
Kedatangan terbanyak:
- Stasiun Medan – 884.760 penumpang
- Stasiun Kisaran – 265.331 penumpang
- Stasiun Tanjung Balai – 231.464 penumpang
- Stasiun Rantau Prapat – 209.878 penumpang
- Stasiun Tebing Tinggi – 171.840 penumpang
KAI Divre I Sumut mencatat kinerja ketepatan waktu yang impresif selama 11 bulan terakhir. Tingkat ketepatan keberangkatan mencapai 99,8 persen, sedangkan ketepatan waktu kedatangan berada pada angka 99,4 persen.
As’ad menegaskan bahwa capaian ini merupakan hasil peningkatan mutu operasional secara menyeluruh, termasuk perawatan sarana dan prasarana.
“Ketepatan waktu adalah salah satu keunggulan utama kereta api, karena bebas dari hambatan kemacetan lalu lintas,” jelasnya.
Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, masyarakat diimbau merencanakan perjalanan lebih awal. Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI, situs kai.id, maupun mitra resmi.
- KA lokal: Pemesanan mulai H-7
- KA jarak jauh: Pemesanan mulai H-45
- Loket go-show: Dibuka mulai 3 jam sebelum keberangkatan
Menutup keterangannya, As’ad kembali menegaskan komitmen KAI dalam meningkatkan kualitas layanan.
“Keselamatan, kenyamanan, dan ketepatan waktu akan selalu menjadi prioritas utama kami demi menghadirkan transportasi massal yang aman, nyaman, dan berkelanjutan,” tutupnya.
breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Gimic.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUj0IA0LKZLdsktWS3G. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.Gimic.id
(G-H2)

Komentar