PLN Dapat Apresiasi atas Respons Cepat Pulihkan Listrik dan Bantu Warga Terdampak Banjir–Longsor di Sumut
Proses penyaluran bantuan PLN ke Posko BPBD Kota Binjai untuk meringankan beban warga terdampak bencana.
GIMIC.ID, TAPANULI UTARA — PT PLN (Persero) bergerak cepat memulihkan sistem kelistrikan serta menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi warga yang terdampak banjir dan longsor di sejumlah wilayah di Sumatera Utara. Upaya cepat dan kerja keras jajaran PLN mendapat apresiasi langsung dari Wakil Bupati Tapanuli Utara, Deni Parlindungan Lumbantoruan.
Deni mengungkapkan bahwa PLN telah bekerja nonstop dalam menangani gangguan kelistrikan di berbagai titik terdampak bencana. Ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas dedikasi jajaran PLN yang kini berhasil menghidupkan kembali sebagian wilayah yang sebelumnya gelap gulita.
“Kami lihat teman-teman PLN sudah bekerja sungguh-sungguh sekali, memberikan semua usahanya,” ujar Deni saat penyaluran bantuan di Posko BPBD Tapanuli Utara, Jumat (28/11).
Deni juga menyoroti kepedulian PLN yang tidak hanya fokus menormalisasi sistem kelistrikan, tetapi turut hadir memberikan bantuan sembako bagi warga terdampak.
“Terima kasih untuk kerja keras teman-teman PLN yang sudah berdedikasi tinggi, khususnya untuk donasi yang sudah diberikan hari ini. Pemkab Tapanuli Utara akan menyalurkan seluruh bantuan tersebut ke posko-posko yang ada,” tambahnya.
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, turut memantau langsung kondisi lapangan. Ia memastikan seluruh sumber daya terbaik PLN diterjunkan untuk mempercepat pemulihan kelistrikan serta memenuhi kebutuhan energi masyarakat secara bertahap.
“Tugas kami bukan hanya menyalakan listrik dengan cepat dan aman, tetapi juga menyalakan semangat masyarakat agar bisa segera bangkit dari bencana,” tegas Darmawan.
Selain memulihkan jaringan listrik, PLN melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menyalurkan paket sembako serta perlengkapan dapur umum ke berbagai wilayah terdampak. Bantuan ini ditujukan untuk mendukung warga yang masih berada di posko pengungsian.
Bantuan kemanusiaan PLN didistribusikan ke sejumlah daerah terdampak, termasuk Medan, Binjai, Deli Serdang, Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, dan Sibolga.
“Kami hadir untuk bekerja sama, meringankan beban masyarakat. PLN akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan BPBD untuk memetakan kebutuhan sesuai perkembangan kondisi di lapangan,” ujar Darmawan.
General Manager PLN UID Sumatera Utara, Mundhakir, menjelaskan bahwa seluruh personel PLN dikerahkan ke lokasi untuk mempercepat perbaikan jaringan dan membantu warga.
“Kami kerahkan seluruh personel untuk bahu-membahu turun ke lokasi terdampak. Kami juga menggandeng YBM PLN dalam penyediaan tandu dan ambulans untuk proses evakuasi,” jelas Mundhakir.
Upaya terpadu ini menunjukkan komitmen PLN untuk hadir di garis depan penanganan bencana, baik melalui pemulihan infrastruktur kelistrikan maupun pemberian bantuan sosial.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Gimic.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUj0IA0LKZLdsktWS3G. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.Gimic.id
(G-H2)

Komentar