PLN Prioritaskan Keselamatan Warga dalam Pemulihan Listrik Pascabencana di Sumatera Utara
Petugas PLN melakukan pengecekan dan perbaikan instalasi di salah satu Gardu Induk yang terdampak banjir sebagai bagian dari percepatan pemulihan layanan listrik di Sumatera Utara.
GIMIC.ID, MEDAN — PT PLN (Persero) menegaskan bahwa keselamatan masyarakat menjadi fokus utama dalam proses percepatan pemulihan jaringan listrik usai banjir dan longsor yang melanda sejumlah wilayah di Sumatera Utara dalam beberapa hari terakhir.
Manager Komunikasi dan TJSL PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Utara, Surya Sahputra Sitepu, menjelaskan bahwa masih terdapat banyak titik terdampak yang belum memungkinkan untuk dialiri listrik karena kondisi lapangan yang belum aman.
“Di sejumlah lokasi, ketinggian air masih bervariasi dan kondisi tanah belum stabil. Begitu area dinyatakan aman, pasokan listrik langsung kami pulihkan. Prinsip kami, keselamatan masyarakat menjadi hal utama,” ujar Surya.
Hingga pukul 05.00 WIB, Jumat (29/11), PLN telah berhasil memulihkan pasokan listrik untuk 214.267 pelanggan yang sebelumnya terdampak pemadaman.
“Pelanggan yang sudah kembali menikmati listrik adalah mereka yang wilayahnya telah dinyatakan aman, baik dari genangan air maupun potensi bahaya listrik lainnya. Titik lain masih dalam percepatan pemulihan sesuai kebutuhan pengamanan teknis,” tambahnya.
Bencana kali ini turut memengaruhi infrastruktur kelistrikan PLN. Sebanyak 9 Gardu Induk (GI) terdampak banjir dan longsor, yakni GI Denai, Labuhan, Labuhan Angin, Lamhotma, Mabar, Paya Pasir, Payageli, Martabe, dan Sibolga.
Di lapangan, petugas PLN juga menghadapi berbagai kerusakan fisik, mulai dari tiang listrik yang roboh atau miring hingga dua menara jaringan tegangan tinggi yang terdampak longsor. Kondisi ini membuat PLN perlu melakukan pemeriksaan struktur, perbaikan jalur kabel, serta penggantian material yang rusak demi memastikan pasokan kembali beroperasi dengan aman dan stabil.
“Petugas kami terus bersiaga. Mulai dari pengecekan jaringan, pembersihan peralatan yang terendam, hingga penggantian material rusak. Semua tahapan dilakukan dengan pengamanan ketat agar jaringan yang kembali menyala tetap aman dan tidak menimbulkan gangguan berulang,” ucap Surya.
Untuk mempercepat pemulihan, PLN bekerja sama dengan pemerintah daerah, BPBD, TNI/Polri, serta relawan dan masyarakat sekitar. Sinergi ini penting untuk membuka akses jalan, membersihkan area terdampak, serta mengamankan lokasi perbaikan.
“Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak di lapangan. Pemulihan ini bukan hanya soal teknis kelistrikan, tetapi upaya bersama agar masyarakat dapat kembali menikmati listrik dengan aman dan andal,” tutup Surya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Gimic.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUj0IA0LKZLdsktWS3G. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.Gimic.id
(G-H2)