Penumpang KAI Sumut Tembus 2,17 Juta, Tumbuh 9 Persen Hingga Oktober 2025

Penumpang menikmati perjalanan menggunakan layanan kereta api di Sumatera Utara. KAI Divre I Sumut mencatat peningkatan jumlah pengguna mencapai 2,17 juta orang hingga Oktober 2025.

GIMIC.ID, MEDAN – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara (KAI Divre I Sumut) mencatat sebanyak 2.179.435 pelanggan telah menggunakan layanan kereta api sepanjang periode Januari hingga Oktober 2025. Angka tersebut tumbuh 9 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu 2.003.550 penumpang.

Vice President KAI Divre I Sumut, Sofan Hidayah, menyampaikan bahwa peningkatan jumlah penumpang ini tidak terlepas dari sejumlah langkah strategis yang dilakukan perusahaan, seperti penambahan frekuensi perjalanan, optimalisasi kapasitas tempat duduk, hingga penyelenggaraan promo tarif berkala untuk masyarakat.

“Pertumbuhan ini menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api terus meningkat. Kini masyarakat semakin sadar bahwa kereta api merupakan moda transportasi publik yang efisien, aman, dan ramah lingkungan,” ujar Sofan, Kamis (6/11).

Ia turut menyampaikan apresiasi kepada seluruh pelanggan atas loyalitas dan kepercayaannya. Sofan menegaskan, KAI akan terus berkomitmen menghadirkan pelayanan prima, keselamatan tinggi, dan kenyamanan maksimal dalam setiap perjalanan.

Dari sisi okupansi, Kereta Api Putri Deli relasi Medan – Tanjungbalai PP menjadi layanan dengan jumlah penumpang tertinggi, yakni 1.070.511 orang.
Disusul oleh:

  • KA Sribilah Utama relasi Medan – Rantau Prapat PP sebanyak 622.816 penumpang,
  • KA Siantar Ekspres relasi Medan – Siantar PP sebanyak 412.520 penumpang, dan
  • KA Datuk Belambangan relasi Tebing Tinggi – Lalang PP sebanyak 73.588 penumpang.

Lima stasiun dengan volume keberangkatan penumpang tertinggi tercatat di:

  1. Stasiun Medan – 786.345 penumpang
  2. Stasiun Kisaran – 243.368 penumpang
  3. Stasiun Tanjungbalai – 207.904 penumpang
  4. Stasiun Rantau Prapat – 191.123 penumpang
  5. Stasiun Tebing Tinggi – 152.988 penumpang

Sementara itu, lima stasiun dengan kedatangan penumpang terbanyak adalah:

  1. Stasiun Medan – 810.348 penumpang
  2. Stasiun Kisaran – 242.920 penumpang
  3. Stasiun Tanjungbalai – 211.965 penumpang
  4. Stasiun Rantau Prapat – 192.475 penumpang
  5. Stasiun Tebing Tinggi – 155.671 penumpang

KAI Divre I Sumut juga mencatat kinerja ketepatan waktu yang membanggakan. Tingkat ketepatan kedatangan kereta penumpang mencapai 99,5 persen, meningkat dari 99,3 persen pada periode yang sama tahun lalu.
Sementara ketepatan waktu keberangkatan tetap terjaga di angka 99,8 persen.

Menurut Sofan, pencapaian tersebut merupakan hasil dari peningkatan mutu operasional secara menyeluruh, termasuk perawatan sarana dan prasarana.

“Ketepatan waktu merupakan salah satu keunggulan utama transportasi kereta api yang terbebas dari kemacetan lalu lintas. Kami akan terus menjaga performa ini agar masyarakat semakin nyaman menggunakan layanan KA,” tambahnya.

Untuk mendukung kenyamanan perjalanan, KAI Divre I Sumut mengimbau masyarakat agar merencanakan perjalanan lebih awal. Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, atau mitra resmi penjualan tiket KAI.

Pemesanan tiket bisa dilakukan mulai H-7 keberangkatan untuk KA lokal dan H-45 untuk KA jarak jauh. KAI juga tetap membuka layanan loket go-show di stasiun yang melayani pembelian tiket mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan di seluruh lini, baik di stasiun maupun di atas kereta. Keselamatan, kenyamanan, dan ketepatan waktu akan selalu menjadi prioritas utama kami demi menghadirkan transportasi massal yang aman, nyaman, dan berkelanjutan,” tutup Sofan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Gimic.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUj0IA0LKZLdsktWS3G. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.Gimic.id

(G-H2) 

Komentar

Loading...