KAI Divre I Sumut Layani 1,77 Juta Penumpang dan Angkut 472 Ribu Ton Barang Sepanjang Januari–Agustus 2025

GIMIC.ID, MEDAN – Dalam momentum Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara meneguhkan komitmennya untuk terus menghadirkan kemudahan akses mobilitas masyarakat melalui layanan transportasi kereta api penumpang maupun barang.

Sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, dan efisien, kereta api menjadi salah satu tulang punggung transportasi di Sumatera Utara. Tercatat, sepanjang Januari hingga Agustus 2025, KAI Divre I Sumut telah melayani 1.773.706 penumpang.

Rinciannya, KA Putri Deli relasi Medan – Tanjung Balai PP melayani 865.518 penumpang, KA Sribilah Utama relasi Medan – Rantau Prapat PP sebanyak 508.830 penumpang, KA Siantar Ekspres relasi Medan – Siantar PP sebanyak 338.182 penumpang, serta KA Datuk Belambangan relasi Tebing Tinggi – Lalang PP sebanyak 61.176 penumpang.

Tidak hanya melayani penumpang, KAI Divre I Sumut juga mencatatkan kinerja positif pada sektor angkutan barang. Hingga Agustus 2025, tercatat 472.788 ton barang telah diangkut. Rinciannya antara lain 212.784 ton BBM, 185.251 ton peti kemas, 66.804 ton minyak kelapa sawit mentah (CPO), 2.794 ton barang hantaran paket (BHP), 2.040 ton lateks, serta 3.115 ton berbagai komoditas lainnya.

“Atas kepercayaan yang diberikan tersebut, KAI berkomitmen untuk melayani mobilitas masyarakat secara optimal di Sumatera Utara,” ungkap Vice President KAI Divre I Sumut, Sofan Hidayah, Selasa (17/9/2025).

Sofan menambahkan, konektivitas antarmoda menjadi salah satu keunggulan layanan KAI di Sumut. Penumpang dapat dengan mudah melanjutkan perjalanan ke pesawat maupun moda transportasi darat lain berkat fasilitas terintegrasi yang disediakan KAI Group.

Di sektor logistik, layanan kereta api barang juga telah terhubung dengan pelabuhan strategis seperti Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Kuala Tanjung. “Hal ini sekaligus mendukung program pemerintah dalam meningkatkan konektivitas antarmoda di berbagai wilayah,” ujarnya.

Ke depan, KAI Divre I Sumut berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan, sehingga transportasi kereta api tetap menjadi pilihan utama masyarakat berkat kenyamanan, keamanan, serta harga yang terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Gimic.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUj0IA0LKZLdsktWS3G. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.Gimic.id

(G-H2)

Komentar

Loading...