Agustus 2025, KAI Divre I Sumut Layani 203 Ribu Penumpang, Naik 6 Persen

Sejumlah penumpang tiba dan keluar dari peron Stasiun Medan usai menggunakan layanan kereta api KAI Divre I Sumut, Agustus 2025.Â
GIMIC.ID, MEDAN – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara mencatat telah melayani sebanyak 203.391 penumpang sepanjang Agustus 2025. Jumlah ini meningkat 6 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2024 yang mencapai 191.220 penumpang.
Manager Humas KAI Divisi Regional I Sumatera Utara, M. As’ad Habibuddin, mengatakan tren positif ini menunjukkan semakin besarnya minat masyarakat menggunakan transportasi kereta api.
“Masyarakat kini semakin sadar akan pentingnya menggunakan transportasi publik massal sebagai solusi mobilitas yang efisien dan ramah lingkungan,” ujarnya, Jumat (12/9/2025).
As’ad menyampaikan apresiasi kepada pelanggan atas kepercayaan yang terus diberikan. Ia menegaskan, KAI berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan perjalanan penumpang.
Rincian Penumpang Agustus 2025
- KA Putri Deli relasi Medan – Tanjung Balai PP: 105.765 penumpang
- KA Sribilah Utama relasi Medan – Rantau Prapat PP: 54.880 penumpang
- KA Siantar Ekspres relasi Medan – Siantar PP: 38.770 penumpang
- KA Datuk Belambangan relasi Tebing Tinggi – Lalang PP: 3.976 penumpang
Adapun stasiun dengan jumlah keberangkatan tertinggi pada periode tersebut adalah:
- Stasiun Medan – 73.767 penumpang
- Stasiun Kisaran – 23.354 penumpang
- Stasiun Tanjungbalai – 20.007 penumpang
Sementara untuk kedatangan penumpang tertinggi tercatat di:
- Stasiun Medan – 77.871 penumpang
- Stasiun Kisaran – 23.269 penumpang
- Stasiun Tanjungbalai – 19.705 penumpang
Ketepatan Waktu dan Layanan Tiket
Dari sisi ketepatan waktu, KAI Divre I Sumut mencatat performa sangat baik. Tingkat ketepatan waktu keberangkatan kereta penumpang pada Agustus 2025 mencapai 99,9 persen, sedangkan kedatangan 99,4 persen.
“Ketepatan waktu menjadi salah satu keunggulan utama transportasi kereta api yang bebas hambatan lalu lintas,” jelas As’ad.
KAI Divre I Sumut juga mengimbau calon penumpang merencanakan perjalanan sejak dini dengan melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi kai.id, atau kanal resmi mitra KAI. Tiket KA Lokal dapat dipesan mulai H-7, sementara tiket KA jarak jauh tersedia sejak H-45.
Selain itu, KAI masih membuka layanan loket go-show di stasiun yang beroperasi mulai 3 jam sebelum keberangkatan.
“Kami berkomitmen terus melakukan peningkatan layanan di seluruh lini, baik di stasiun maupun di atas kereta. KAI juga mengutamakan keselamatan perjalanan dalam mewujudkan transportasi massal yang aman, nyaman, dan berkelanjutan,” tutup As’ad.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Gimic.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUj0IA0LKZLdsktWS3G. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.Gimic.id
(G-H2)
Komentar