Jumlah Penumpang Kereta Api di Sumut Tembus 241 Ribu di Juli 2025, Naik 19 Persen Dibanding Tahun Lalu

GIMIC.ID, MEDAN – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara mencatat lonjakan signifikan jumlah penumpang sepanjang Juli 2025. Sebanyak 241.943 penumpang telah dilayani selama periode tersebut, meningkat 19 persen dibandingkan Juli 2024 yang tercatat sebanyak 203.856 penumpang.
Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yakni Juni 2025 yang melayani 234.672 penumpang, terjadi kenaikan sebesar 3 persen.
Manager Humas KAI Divre I Sumut, M. As'ad Habibuddin, menyebut peningkatan ini mencerminkan tumbuhnya minat masyarakat terhadap transportasi kereta api sebagai moda pilihan yang efisien dan ramah lingkungan.
“Masyarakat kini semakin sadar akan pentingnya menggunakan transportasi publik massal sebagai solusi mobilitas yang efisien dan ramah lingkungan,” ujarnya, Rabu (6/8/2025).
As’ad menyampaikan apresiasi kepada para pelanggan atas kepercayaan yang terus diberikan, serta menegaskan komitmen KAI untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan perjalanan.
Berdasarkan data KAI Divre I Sumut, rincian jumlah penumpang pada Juli 2025 adalah sebagai berikut:
- KA Putri Deli (Medan – Tanjung Balai PP): 119.917 penumpang
- KA Sribilah Utama (Medan – Rantau Prapat PP): 66.484 penumpang
- KA Siantar Ekspres (Medan – Pematangsiantar PP): 48.324 penumpang
- KA Datuk Belambangan (Tebing Tinggi – Lalang PP): 7.218 penumpang
Sementara itu, tiga stasiun dengan jumlah keberangkatan tertinggi adalah:
- Stasiun Medan – 88.956 penumpang
- Stasiun Kisaran – 26.117 penumpang
- Stasiun Tanjungbalai – 23.814 penumpang
Adapun tiga stasiun dengan volume kedatangan tertinggi yakni:
- Stasiun Medan – 89.111 penumpang
- Stasiun Kisaran – 26.646 penumpang
- Stasiun Tanjungbalai – 24.353 penumpang
Dari sisi operasional, As’ad menegaskan bahwa KAI Divre I Sumut berhasil mencatat tingkat ketepatan waktu yang sangat baik.
“Pada Juli 2025, ketepatan waktu keberangkatan KA penumpang mencapai 99,9 persen, sedangkan kedatangan sebesar 99,5 persen,” jelasnya.
Hal ini, kata dia, menunjukkan keunggulan kereta api sebagai moda transportasi yang bebas hambatan lalu lintas darat.
KAI Divre I Sumut mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan sejak dini dan memanfaatkan berbagai kanal resmi dalam pemesanan tiket, seperti aplikasi Access by KAI, situs kai.id, serta mitra penjualan resmi lainnya.
Pemesanan tiket bisa dilakukan mulai H-7 keberangkatan untuk KA Lokal dan H-45 untuk KA jarak jauh. KAI juga tetap menyediakan layanan loket go-show di stasiun yang dibuka 3 jam sebelum keberangkatan.
“Kami berkomitmen terus melakukan peningkatan layanan di seluruh lini, baik di stasiun maupun di atas KA. Keselamatan perjalanan menjadi prioritas utama kami dalam mewujudkan transportasi massal yang aman, nyaman, dan berkelanjutan,” tutup As’ad.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Gimic.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUj0IA0LKZLdsktWS3G. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.Gimic.id
(G-H2)
Komentar