1. Beranda
  2. News
  3. Politik

Warga Keluhkan Administrasi BPJS Kesehatan, Rommy Van Boy Desak Perbaikan Sistem Pelayanan

Oleh ,

Anggota DPRD Medan Fraksi Golkar, Rommy Van Boy Terima Keluhan Warga soal Rumitnya Administrasi BPJS Kesehatan. (foto/ist)

GIMIC.ID, MEDAN – Anggota DPRD Kota Medan, Rommy Van Boy, menerima sejumlah keluhan dari warga terkait sulitnya proses administrasi dalam layanan BPJS Kesehatan. Hal ini ia sampaikan saat menggelar reses di Jalan Mongonsidi Gang D, Kelurahan Polonia, Kecamatan Medan Polonia, pada Sabtu (26/7/2025).

Menurut Rommy, banyak masyarakat mengeluhkan prosedur yang dianggap berbelit-belit dan waktu tunggu yang terlalu lama saat mengurus administrasi BPJS Kesehatan.

“Laporan ini sangat memprihatinkan dan perlu segera ditindaklanjuti. Kita ingin sistem BPJS lebih ramah dan efisien bagi masyarakat,” tegasnya.

Rommy mendorong BPJS Kesehatan untuk segera melakukan evaluasi menyeluruh terhadap sistem administrasi yang berjalan saat ini. Ia juga meminta agar instansi tersebut gencar melakukan sosialisasi tentang hak dan kewajiban peserta, agar tidak terjadi kebingungan di tengah masyarakat.

“BPJS perlu melakukan sosialisasi yang lebih intensif agar masyarakat memahami hak dan kewajiban mereka sebagai peserta. Ini penting agar layanan kesehatan bisa diakses lebih mudah dan efisien,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rommy menyatakan komitmennya untuk terus membantu masyarakat dalam menyelesaikan berbagai persoalan administrasi BPJS dan memastikan hak-hak masyarakat sebagai peserta tetap terlindungi.

Menanggapi keluhan tersebut, perwakilan BPJS Kesehatan yang hadir membantah tudingan bahwa sistem administrasi terlalu rumit. Mereka menyatakan bahwa prosedur yang ada sudah sesuai standar pelayanan nasional untuk memastikan layanan tepat sasaran.

Tak hanya persoalan BPJS, dalam reses tersebut warga juga menyampaikan berbagai keluhan lainnya, seperti bantuan sosial yang tidak tepat sasaran, minimnya penerangan jalan, serta masalah pengelolaan sampah di lingkungan mereka.

Sebelumnya, Kepala Lingkungan (Kepling) 3 Kelurahan Polonia juga menyampaikan usulan agar sistem antrean BPJS memberikan prioritas bagi pasien dengan kondisi gawat darurat.

Kegiatan reses tersebut turut dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Dinas SDMBK, unsur kecamatan dan kelurahan, serta pihak BPJS Kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Gimic.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaUj0IA0LKZLdsktWS3G. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.Gimic.id

(G-H2) 

Baca Juga